Optimalkan Jaringan Anda Dengan Para Profesional Melalui Internet

Posted by: Maya Sari
My Happy Blogging, Updated at: 01.26
Salah satu cara terbaik untuk mempercepat peningkatan karir anda adalah dengan berbicara dengan teman anda lainnya, terutama untuk membuka tabir informasi tentang peluang karir yang anda tekuni.

Internet menyediakan banyak cara untuk melakukan ini, untuk memberikan peluang bagi anda dalam meningkatkan komunikasi anda dengan teman-teman anda, para profesional, atau siapa pun yang mungkin anda hubungi untuk mendapatkan informasi tentang peluang karir ini.

Beberapa cara yang mungkin dilakukan untuk meningkatkan hubungan anda dalam hal ini melalui internet, yaitu bergabung dengan teman-teman satu sekolah pada waktu SMA atau kuliah, organisasi, profesi, dll.  

  • Manfaatkan fasilitas data alumni yang ada di internet, jika anda belum terdaftar, daftarkan nama anda di sana, berikan bagaimana anda bisa dikontak oleh teman-teman anda, baik melalui email, web, handphone, atau bahkan dengan surat biasa. 
  • Manfaatkan fasilitas forum diskusi yang banyak tersedia di internet, ikut ambil bagian pada forum tersebut, baik hanya sebagai peserta pasif, atau hanya membaca topik-topiknya saja, maupun ikut berperan aktif dengan berdiskusi antar sesama mereka. Forum ini bisa berbasis web, atau pun berbasis email yang sering disebut dengan mailing list. Tidak jarang informasi tentang peluang kerja disampaikan di sini. 
  • Jalinlah hubungan pribadi dengan teman anda dengan mengontak mereka perperiode tertentu, biar mereka tidak lupa dengan anda. Gunakan email anda. 
  • Kapan perlu, chat dengan mereka melalui berbagai media penyampaian pesan, seperti Yahoo! Messenger, AOL Messenger, MSN Messenger, ICQ, dll. 
  • Kita akan bahas sedikit lebih dalam tentang jaringan ini pada bagian lain di buku ini. Sehingga anda bisa memanfaatkan jaringan ini dengan lebih optimal sehingga karir maupun isu lowongan pekerjaan selalu dekat dengan anda.
Saran Dalam Menjalankan Jaringan Karir Anda

Berikut ini merupakan kunci keberhasilan anda dalam pencarian kerja. Ikuti beberapa aturan sederhana ini, dan tentunya akan membantu banyak langkah-langkah anda.
  • Sadari bahwa jaringan itu penting. Beberapa pakar beranggapan bahwa hanya 5 sampai 25 persen peluang kerja yang diiklankan, jadi anda dapat menemukan yang tidak diiklankan tersebut melalui pembicaraan dengan sebanyak mungkin orang yang mungkin anda kontak, dan sampaikan kepada mereka bahwa anda sedang mencari peluang itu. 
  • Berfikirlah kreatif, terutama bagaimana untuk menemukan kontak melalui jaringan. Anda dapat menemukan siapa saja untuk menambah daftar mereka dimanapun dan dari manapun.
  •  Jangan pergi kemana pun tanpa membawa kopian riwayat hidup anda berikut kartu nama anda. Begitu juga dengan daftar kontak anda. Anda dapat menyimpannya di dalam tas anda, dan pastikan anda dapat mengambilnya dengan mudah, terutama ketika tiba-tiba anda bertemu dengan seseorang yang sedang membutuhkan anda.
  • Tidak usah ragu untuk meminta pertolongan. Kebanyakan orang perlu diperlakukan dengan ramah dan diangkat sehingga mereka merasa penting, dengan demikian mereka akan lebih terbuka kepada anda, termasuk untuk memberikan informasi yang berharga tersebut.
  • Bergabunglah dalam organisasi para profesional yang berkaitan dengan bidang anda.
  • Jadilah sukarelawan untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang mungkin anda ikuti. Menariknya, dalam salah satu survey, cara ini merupakan peringkat ke dua untuk meningkatkan kontak dalam jalaringan baru anda!
  • Temukan penasehat anda. Penasehat anda ini adalah orang yang akan menuntun dan menolong anda, termasuk dalam menggunakan pengaruhnya untuk pencarian pekerjaan atau peningkatan karir anda. Dia bisa saja dari seseorang yang berpengaruh kuat dari salah satu kontak yang ada dalam jaringan anda.
  • Kelola dan organisir daftar kontak yang ada dalam jaringan anda, misalnya melalui file komputer, kotak penyimpanan kartu nama terindex, atau bentuk lainnya.
  • Kenali teknik wawancara yang baik.
  • Jangan lupa untuk mengingat siapa saja yang telah menolong anda, berikan pengakuan dan ucapan terima kasih yang tulus kepada mereka. Hal ini hanyalah etika normal dan umum yang sebaiknya kita lakukan dalam bermasyarakat, terutama atas bantuan seseorang terhadap apa-apa yang telah anda dapatkan. Pengaruh ini juga belum tentu kecil, karena mereka akan ingat kepada anda terutama untuk memberikan hal lainnya untuk masa yang akan datang.
  • Tetap jalin hubungan dengan jaringan anda, meskipun anda telah mendapatkan pekerjaan. Anda tidak akan tahu, kapan anda akan membutuhkan pekerjaan kembali, terutama dalam rangka meningkatkan karir anda untuk masa yang akan datang.
___________
Jack Febrian -- Dosen dan Penulis buku-buku Teknologi Informasi..

1 komentar:

attayaya mengatakan...

berjejaring itu dahulu, saat ini dan kemudian menjadi suatu kekuatan besar bagi kehidupan manusia

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.