Penemuan Alat Pendeteksi Kebohongan

Posted by: Maya Sari
My Happy Blogging, Updated at: 22.20
Seperti didalam filem saja ada  komputer yang tahu jika manusia berbohong. Tapi tampaknya, dunia ini sudah modern dan para ilmuwan pun saling berbondong-bondong mencari apa yang belum ada di dunia nyata ini. Seperti yang saya bahas sekarang ini tentang sebuah mesin komputer pendeteksi kebohongan itu akan terjadi di kehidupan nyata.

Di paparkan oleh penulis dari VIVAnews Bahwa ditangan ilmuwan Universitas Buffalo, komputer dapat dibuat untuk program mendeteksi kebohongan. Tim ilmuwan tersebut memproduksi sebuah software yang memungkinkan sebuah komputer untuk mengkuti gerak mata dan mengukur gerakan mata tersebut apakah mengatakan sebuah kebenaran ataupun kebohongan.

Hal ini dilansir dari laman Gizmag, program komputer tersebut mampu dengan tepat membongkar kebohongan dengan tingkat akurasi 82,5 persen. Menurut para peneliti, seorang interogator yang terlatih hanya mampu menghasilkan rata-rata kesuksesan 65 persen saja.


Sebelum dilakukan percobaan, komputer mempelajari gerakan dasar mata pengguna untuk kemudian bertahap pada pertanyaan sederhana. Setelah itu dilakukan percobaan dengan 40 video percakapan yang direkam, dari 132 penggunaan pada studi psikologi asli. Dari percobaan ini, subjek diminta untuk memilih apakah ia mencuri cek atau tidak. Kemudian mereka ditanya atas apa yang dilakukannya.

Video yang ditampilkan mewakili warna kulit yang berbeda, pose kepala, kondisi pencahayaan dan penghalang visual sesekali, seperti kacamata.

Sebuah garis dasar diciptakan dengan menganalisis pola gerakan mata ketika pembicara mengatakan yang sebenarnya. Sekarang, ketika ditanya apakah ia mencuri cek atau tidak, komputer akan menarik menganalisis gerakan mata dari "mata kebenaran".

Program ini juga mencatat kedipan dan pergeseran pandangan. Sistem ini diharapkan oleh tim ini dapat bekerjasama dengan interogator manusia.

Mudah-mudahan saja semua benar terhadi dan para ilmuan berhasil membuat alat Pendeteksi Kebohongan tersebut, se-enggaknya dengan keberhasilannya dapat mewujudkan dunia ini aman dan damai dari berbagai kejahatan.

Sumber : VIVAnews

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.