Yo-Crossover, Hibrida Canggih dari Rusia

Posted by: Maya Sari
My Happy Blogging, Updated at: 03.40
Jangan anggap enteng teknologi mobil asal Rusia. Contohnya adalah ë (baca Yoa)-crossover yang akan diproduksi akhir tahun ini oleh  Yo-Auto milik miliarder Rusia yang juga pemilik dari klub basket NBA, New Jersey Nets ini, yaitu Mikhail Prokhorov. Dibandingkan dengan mobil hibrida yang ada saat ini, ë-crossover lebih canggih dan lengkap.

Untuk menggerakkan mobil, bukan hanya gabungan mesin bensin dan motor listrik yang digunakan.  Motor bakar yang digunakan, bisa mengguankan dua jenis bahan bakar sekaligus, yaitu bensin dan gas (BBG). Karena itu, pada unit mobil sudah disediakan tangki bensin dan tabung BBGn yang diklaim sekali isi bisa untuk menempuh jarak 700 km.

Superkapasitor

Lebih hebat lagi, ternyata, sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan motor listrik digunakan superkapasitor, bobotnya tentu saja lebih ringan dibandingkan baterai lithium-ion. Di samping bisa mengisi dengan cepat juga bisa memasok energi yang responsif ke motor listrik. Kardena itu jangan heran, kemampuan melakukan sprint 0-100 kpj diklaijm sekitar 10 detik.

Suatu hal lagi, untuk mendapatkan kemampuan tersebut, bodi mobil dibuat dari komposit polimer.Sistem gerak bukan hanya dua roda, tetapi juga bisa 4x4 atau all-wgheel drive (AWD). Bahkan untuk menggerakkan mobil, saat mengadalkan tenaga listrik, digunakan dua motor.

ë–Auto juga mengklaim konsumsi bahan bakar crossovernya ini 28,5 kpl. Hal ini tentu saja makin menarik, karena harga bahan bakar minyak semakin mahal. Bahkan kalau pusing dengan harga minyak yang makin menggila, bisa saja pindah ke BBG.

Rp 90-180 juta

ë-crossover akan dibuat oleh Prokhorive Onexim Group dengan produsen truk Rusia Yarovit. Pada sebuah jumpa pers minggu lalu dan dikutip oleh beberapa media otomotif online, Porkhorive  sudah direncanakan untuk mendirikan pabrik perakitan kedua di St Petersburg agar produksinya bisa ditingkatkan dua kali lipat.  Bahkan, melalui situsnya, sudah melayani Pre-order.

Hanya belum disebutkan harganya. Kendati demikian Autobloggreen memperkirakan sekitar 10.000 – 20.000 dolar AS atau sekitar Rp 90–180 juta. Kalau benar, berarti jauh lebih murah dibandingkan mobil hibrida buatan Jepang atau dari negara lain.

Untuk menjelaskan kehebatan crossover, ë –Auto mempromosikanya melalu vide di you tube.

Spesifikasi
Konsep
Crossover, 4x4
Warna
Dua warna
Jok
5, termasuk pengemudi
Airbag
2
Berat
1.100 kg
Berat dengan muatan
1.600 kg
Ban
R16, ban run-flat (gembos masih bisa jalan)
Perlengkapan lain
ABS dan LED
Bodi
Komposit polimer
Mesin
4-langkah berbahan bakar bensin dan BBG
Tenaga
45kW (60PS)
Tenaga kombinasi
150 PS
Akselerasi (Sport)
Eco

10 detik
12 detik
     Eco
12
Kecepatan top 
130 kpj
Perlengkapan
Setir multiguna, panel kontrol layar sentuh, AC otomatis, navigasi, start-stop,remot diagnostik, ampilfier audio, kamera belakang (opsional) pembaca rambu-rambu jalan (opsional), akses internet dan handfree untuk hape

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.