Dari Mobile Phones untuk Superkomputer

Posted by: Maya Sari
My Happy Blogging, Updated at: 02.07
Sementara hampir setiap sistem di daftar TOP500 memanfaatkan multicore CPU, satu tim peneliti supercomputing tampak Buck tren. Bulan depan, pusat superkomputer Barcelona (BSC) akan mulai membangun prototipe kedua mereka superkomputer Mont-Blanc yang menggunakan NVIDIA Tegra 3 prosesor, chip sama yang ditemukan pada perangkat mobile. Dalam Wired artikel yang diterbitkan minggu ini, Mont-Blanc memimpin proyek Alex Ramirez berbicara tentang pekerjaan dan apa yang diharapkan dari dari sistem prototipe baru.

Awalnya diumumkan bulan November lalu, proyek Mont-Blanc menciptakan paradigma arsitektur baru untuk HPC dengan berfokus pada peningkatan kinerja menghitung berdaya rendah prosesor mobile yang bertentangan dengan mengurangi konsumsi daya CPU server multicore tradisional. Tim di BSC melihat Tegra sebagai cara untuk mulai membangun sistem seperti dan mengembangkan perangkat lunak untuk mereka.

Tegra mewakili NVIDIA pertama luka di heterogen komputasi, encapsulating Core CPU LENGAN samping GPU. Sementara dimaksudkan untuk smartphone dan tablet, Ramirez dan timnya percaya prosesor seperti Tegra akan diperlukan untuk membuat masa depan superkomputer yang sesuai dengan anggaran wajar kekuasaan.

Exascale superkomputer, misalnya, diharapkan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 20 MW kekuasaan, tapi untuk mencapai tujuan itu pada akhir dekade akan memerlukan sesuatu di luar perkembangan berbasis hukum Moore hari ini server CPU. Saat ini, sebuah chip Intel Xeon server-grade mengkonsumsi antara 50 hingga lebih dari 100 watt kekuasaan. Tegra 3, di sisi lain, membutuhkan hanya 4 watt. Xeon ini berkali-kali lebih kuat daripada Tegra, tetapi secara kinerja per watt, NVIDIA chip jeritan.

Pulang ke rumah saat itu, baru prototipe Mont-Blanc akan memiliki menembak di unseating Blue Gene/Q sebagai sebagian besar energi yang efisien superkomputer di dunia datang Juni ini. Pada daftar Green500 terbaru, sistem q berperingkat teratas memberikan sekitar 2 gigaflops/watt. Tetapi menurut Ramirez, baru prototipe harus memukul gigaflops sekitar 7/watt.

Meskipun prototipe akan sangat mengesankan berkenaan dengan efisiensi energi, itu harus bersaing dengan rintangan yang tidak mempengaruhi sistem HPC lain. Supercomputing aplikasi tidak ditujukan untuk arsitektur prosesor mobile, yang akan memerlukan menulis beberapa serius ulang kode sumber untuk mengakomodasi desain Tegra. NVIDIA baru-baru ini merilis SDK untuk chip, yang ditujukan untuk membantu meringankan masalah pemrograman.

Memandang lebih jauh Green500, Ramirez mengharapkan untuk mendarat di Juni TOP500 daftar dengan sistem yang memanfaatkan 2.000-4.000 Core dan berharap untuk memimpin pak supercomputing dengan sistem yang lebih besar 200 petaflop 2017.

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.